Bahasa Indonesia--Resensi Novel

Rabu, 15 Januari 2014

Bahasa Indonesia--Resensi Novel


KISAH CINTA WARTAWAN ANEH DAN DETEKTIF PERFEK


 
Judul buku      : Playing James Pura-Pura Jadi Detektif
Penulis             : Sarah Mason
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal               : 503 halaman
Cetakan           : September 2005
ISBN               : 979-22-1667-7


            Holly Conshannon seorang gadis  yang bekerja sebagai wartawan surat kabar yang bertugas meliput pemakaman hewan-hewan peliharaan. Sebelumnya Holly tak begitu semangat dalam menjalani pekerjaanya itu. Akan tetapi semangat kerja Holly langsung melejit ketika bosnya menugaskan ia sebagai wartawan kriminal seperti apa yang ia impikan. Demi mendapatkan berita-berita yang akurat, Holly diperintahkan untuk mengikuti kegiatan seorang detektif selama 3 minggu. Mulai dari penyelidikan kasus sampai penyergapan seorang tersangka.
            Sersan Detektif James Sabine sepertinya kurang berkenan dengan hadirnya Holly di kegiatan sehari-harinya. Detektif James merasa sangat terganggu dengan semua kecerobohan Holly, seperti terjatuh karena tersandung permen karet kering yang menempel di jalan dan berbagai macam tingkah laku konyol Holly yang mengganggu aktivitas Detektif James.
            Selama kurang lebih 3 minggu mereka bersama-sama menyelidiki bahkan memecahkan kasus-kasus yang ada. Kebersamaan mereka itu menyebabkan timbulnya perasaan cinta di antara Holly dan James. Pada awalnya mereka ragu akan perasaan masing-masing. James dan Holly bingung dengan apa yang harus dilakukannya karena masing-masing sudah memiliki pasangan, James sudah bertunangan dan Holly juga sudah mempunyai seorang kekasih. Pada akhirnya James menetapkan pilihannya. Ia pun memilih Holly Conshannon.
            Novel ini sangat menarik untuk dibaca. Sebuah novel yang menceritakan kisah para wanita kosmopolitan yang pada umumnya masih lajang dan punya karier dengan berbagai masalah kehidupan modern ini sangat cocok bagi kaum wanita. Disajikan dengan cover yang menarik dan dengan gaya bercerita yang santai dan penuh humor membuat para pembaca tidak akan bosan mengikuti alur ceritanya. Akan tetapi dalam novel ini diceritakan beberapa kebiasaan  orang-orang barat yang biasanya `tidak sesuai dengan pandangan orang timur seperti  Indonesia. Dan dalam cerita ini, pengarang masih menggunakan istilah-istilah dari daerah asalnya yang mungkin akan sulit dipahami oleh para pembaca.      





0 komentar :

Posting Komentar