Teknologi Informasi dan Komunikasi
1.
LAN
Local
Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya
hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor,
dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis
pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai
kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat
ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk
membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi
Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada
sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda
dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya
yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut
dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna
juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi
yang sesuai.
Karakteristik
LAN :
a.
Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
b.
Meliputi wilayah geografi yang lebih
sempit
c.
Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi
yang disewa dari operator telekomunikasi
d.
Biasanya salah satu komputer di antara
jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem
di dalam jaringan tersebut.
2.
MAN
Metropolitan
area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan
transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti
kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan
dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini
merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan
MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi,
yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan,
dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari
MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk
membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi
dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
3.
WAN
WAN
adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide
Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai
contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau
dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan
saluran komunikasi publik.
WAN
digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal
yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat
berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
4.
URL
Pengertian
URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format
standar tertentu , yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti
dokumen dan gambar di Internet . URL pertama kali diciptakan oleh Tim
Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen-dokumen dapat
mereferensikan pranala ke World Wide Web . Sejak 1994 , konsep URL telah
dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum
sifatnya .URL singkatan dari
Uniform Resource Locator . URL adalah lokasi dari sebuah file di dalam web .
5.
Internet
Protocol Adress
Alamat
IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka
biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi
untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah
32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6)
yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
6.
DNS
Domain
Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk
pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP
(Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada
aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS
membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.
7.
Http
Pengertian
HTTP atau definisi HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah sebuah protokol
untuk meminta dan menjawab antara client dan server . Sebuah client HTTP
seperti web browser , biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan
TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80) . Sebuah server
HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode
permintaan (request) , seperti “GET / HTTP/1.1” yang akan meminta halaman yang
sudah ditentukan , diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi
kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut , diikut dengan
badan dari data tertentu .
8.
WWW
WWW =World Wide Web bukan Internet . Tetapi , www
merupakan jaringan yang terbesar dan terpopuler di internet. Data www disebut
website atau webpages . Di dalamnya ada tulisan, gambar, foto, suara , dan
video . Dengan World Wide Web, kita dapat masuk atau surfing ke berbagai
webpages . Tentunya , dengan menggunakan bahasa khusus yang disebut Hypertext
Transfer Protocol atau HTTP . Internet tidak hanya berisi World Wide Web. Ada
juga jaringan-jaringan lain di dalamnya . Misalnya , SMTP/POP untuk email , P2P
untuk musik dan video , dan FTP untuk men-download . Setiap jaringan itu punya
bahasa-bahasa khususnya sendiri .
9.
TLD
TLD
atau Top Level Domain Name adalah ektension atau kata yang berada dibelakang
domain seperti .com (dot commercial), .net (dot network), .org (dot
organization), .info (dot information) .edu (dot education), .gov (dot
goverment), dan .mil (dot military). Ada dua Top Level Domain, yaitu Generic
Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah
domain yang akhiran .com, .net dan .org sedangkan ccTLD adalah TLD yang
dikhusus untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id,
go.id, net.id dll) atau Jepang dengan kode jp (co.jp, ne.jp, or.jp dll).
Keuntungan
yang dapat diperoleh jika memiliki Top Level Domain (TLD) ialah hasil
pencariannya lebih diutamakan di search engine. Sehingga situs yang menggunakan
Top Level Domain akan lebih diunggulkan peringkatnya dalam hasil pencarian di
google. Selain itu (TLD) membuat blog terlihat lebih profesionaldan pengunjung
juga mudah mengingat domain blog tersebut.
10. E-mail
E-Mail (Electronic Mail)
adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam Internet yang berfungsi mengirim surat
secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia. Dibandingkan dengan
surat biasa, e-mail mempunyai keunggulan yang lebih aman serta tidak membedakan
jarak dan waktu. Secara garis besar, E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP (e-mail yang menggunakan server SMTP/POP, yaitu komputer yang
dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya
) dan e-mail berbasis web (akses e-mail dilakukkan melalui Web Mail dengan menggunakan
browser ).
11. Browsing
Browsing
adalah Berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet.
Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser,
software untuk berselancar. Browsing dapat juga diartikan seni pencarian
informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca
berita, mencari istilah dll.
Browsing adalah menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu juga salah satu browsing. Browsing bermanfaat untuk Menambah pengetahuan dan memperluas wawasan, belajar online atau mencari file yang akan kita download.
Browsing adalah menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu juga salah satu browsing. Browsing bermanfaat untuk Menambah pengetahuan dan memperluas wawasan, belajar online atau mencari file yang akan kita download.
12. GPRS
GPRS
(General Packet Radio Service ) adalah suatu
teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat
dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD.
Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service)
menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk
transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data
gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW).
13. UMTS
Universal
Mobile Telecommunication System atau UMTS biasanya disebut juga dengan Wideband
Code-Division Multiple Access atau WCDMA, merupakan teknologi generasi ketiga
(3G) untuk GSM. Teknologi ini tidak kompatibel dengan CDMA2000 atau sering
disebut juga dengan CDMA saja. Teknologi ini menggunakan Wideband-AMR (Adaptive
Multi-Rate) untuk kodifikasi suara sehingga kualitas suara yang didapat menjadi
lebih baik dari generasi sebelumnya.
14. HSDPA
High-Speed
Downlink Packet Access atau HSDPA, merupakan salah satu protokol yang memper
baiki proses downlink atau penurunan data dari server ke perangkat (unduh),
dengan kecepatan mencapai 14.4Mbit/s. Sedangkan proses uplink dalam teknologi
HSDPA mencapai 384kbit/s. Dengan kecepatan tersebut, pengguna perangkat
bergerak dapat menerima data yang berukuran besar seperti lampiran pada e-mail,
persentasi dalam bentuk Power point, atauun dapat membuka halaman web.
Sebagai
gambaran, jaringan HSDPA dengan kecepatan 3.6Mbit/s dapat mengunduh data musik
yang berukuran sekitar 3 Mb dalam waktu 8,3 detik dan data video yang berukuran
5 Mb dalam waktu 13,9 detik. HSDPA hadir sejak tahun 2006 di Eropa.
15. EVDO
EVDO
atau Evolution Data Only/Evolution Data Optimized adalah suatu standar untuk
transmisi data secara nirkabel komunikasi generasi ketiga atau yang dikenal
dengan 3G, berbeda dengan 3G pada GSM, EVDO diciptakan secara khusus hanya
untuk CDMA dengan menggunakan frekuensi radio.(wikipedia) EVDO menggunakan
jaringan CDMA 2000 untuk menyediakan akses kepada perangkat telekomunikasi
jaringan bergerak dengan interface pada kecepatan 2,4 Mbps untuk EVDO Rev.0,
dan 3,1 Mbps untuk EVDO Rev.A, sementara untuk EVDO Rev.B masih belum diketahui
berapa kecepatan yang bisa dihasilkan oleh revisi ini, yang pasti tentunya
kapasitas bandwith transmisinya lebih unggul ketimbang dua EVDO sebelumnya
16. WIMAX
WiMAX
adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access,merupakan
teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat
BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas.
WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur- fitur yang
lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga
merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX
diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak
proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat
diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul.
17. Network Card
Kartu
jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card)
adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah
jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC
yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat
fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat
logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network
Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address,
yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
18. Repeater
Repeater adalah Suatu
perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk
memperbarui sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan
dan bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh. Ini di
perlukan karena sinyal-sinyal mengalami perlemahan dan perubahan bentuk selama
transmisi.
Repeater merupakan alat yang dapat menerima sinyal digital dan
memperkuatnya untuk diteruskan kembali. Repeater juga dapat memperjauh jarak
transmisi data. disamping itu, repeater dapat memperkecil noice pada sinyal
transmisi yang datang.
Fungsi Repeater bekerja pada
level physical layer dalam model jaringan OSI, Tugas utama dari repeater adalah
menerima sinyal dari satu kabel LAN dan memancarkannya kembali ke kabel LAN
yang lain. Pada jaringan wireless, repeater diletakkan pada gedung-gedung yang
tinggi, menara pemancar, atau dipuncak gunung. hal ini bertujuan agar sinyal
yang diterima dapat dipancarkan dan diterima dengan baik, dengan adanya
repeater, jarak gelombang yang dapat ditempuh oleh jaringan wireless juga
semakin jauh.
19. HUB
Hub merupakan perangkat jaringan yang
bekerja di OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga dia hanya bekerja tak lebih
sebagai penyambung atau concentrator saja, dan hanya menguatkan sinyal di kabel
UTP. HUB tdk Mengenal MAC Addressing / Physical Addressing shingga tdk bisa
memilah data yg harus ditransmisikan shingga collision tdk bisa dihindari dari
penggunaan HUB ini
Fungsi HUB
Memfasilitasikan penambahan penghilangan atau penambahan workstation
Menambah jarak network ( fungsi sebagai repeater )
Menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda ( Ethernet, Toket ring, FDDI )
Menawarkan featur yang fault tolerance ( Isolasi Kerusakan )
Memberikan menegement yang tersentralisasi ( koleksi informasi, diagnostic)
Memfasilitasikan penambahan penghilangan atau penambahan workstation
Menambah jarak network ( fungsi sebagai repeater )
Menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda ( Ethernet, Toket ring, FDDI )
Menawarkan featur yang fault tolerance ( Isolasi Kerusakan )
Memberikan menegement yang tersentralisasi ( koleksi informasi, diagnostic)
20. Switch
Switch
merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 2, Data Link Layer.
dia bekerja sebagai penyambung / concentrator dalam Jaringan. Switch mengenal
MAC Adressing shingga bisa memilah paket data mana yang akan di teruskan ke
mana. Dan switch ini digunakan sebagai repeater/penguat. Berfungsi untuk
menghubungkan kabel-kabel UTP ( Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan
komputer yang lain. Dalam switch biasanya terdapat routing, routing sendiri
berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam
LAN.
21. Bridge
Bridge
jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas
jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di
dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk
menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media
kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur
jaringan yang berbeda. BRIDGE berfungsi untuk membagi sebuah jaringan hingga
menjadi dua buah jaringan . BRIDGE mengatur informasi diantara kedua sisi
network agar dapat berjalan dengan teratur.
22. Router
Router
merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, Network Layer. Pada
layer ini sudah dikenal pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, dan
router ini berperan penting sebagai penghubung/penerus paket data antara dua
segmen jaringan atau lebih. Router berfungsi utama sebagai penghubung antar dua
atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan
lainnya. Perbedaannya dengan Switch adalah kalau switch merupakan penghubung
beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
23. PSTN
PSTN
(Public Switched Telephone Network) Merupakan suatu jaringan telepon
yangmenggunakan perantara kabel atau media penghubung lainnya. Biaya yang
dihasilkan oleh jaringan PSTN cukup murah, maka dari itu jaringan PSTN telah
dikenal lama olehmasyarakat luas untuk penggunaan telepon rumah dan jaringan
internet. Jaringan inimerupakan produk dari perusahaan telepon di Amerika yang
bernama AT&T (AmericanTelephone and Telegraph Company) yang berdiri atas inovasi dari Alexander GrahamBell. Komponen Jaringan PSTNJaringan
PSTN memiliki lima komponen dasar, yaitu telepon, network access,
centraloffices (CO), trunks dan special circuits, serta CPE (Customer Premise
Equipment).
24. CDMA
Code division
multiple access (CDMA) adalah sebuah bentuk pemultipleksan (bukan
sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama
yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA)
atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan
sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan
menggunakan sifat-sifat interferensi
konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan
pemultipleksan. CDMA juga mengacu pada sistem telepon seluler digital yang
menggunakan skema akses secara bersama ini,seperti yang diprakarsai oleh Qualcomm.
CDMA adalah sebuah teknologi militer yang
digunakan pertama kali pada Perang Dunia II oleh sekutu Inggris untuk
menggagalkan usaha Jerman mengganggu transmisi mereka. Sekutu memutuskan untuk
mentransmisikan tidak hanya pada satu frekuensi, namun pada beberapa frekuensi,
menyulitkan Jerman untuk menangkap sinyal yang lengkap. Sejak itu CDMA
digunakan dalam banyak sistem komunikasi, termasuk pada Global Positioning System (GPS)
dan pada sistem satelit OmniTRACS untuk logistik transportasi. Sistem terakhir
didesain dan dibangun oleh Qualcomm, dan menjadi cikal bakal yang membantu
insinyur-insinyur Qualcomm untuk menemukan Soft
Handoff dan kendali tenaga cepat, teknologi yang
diperlukan untuk menjadikan CDMA praktis dan efisien untuk komunikasi seluler
terrestrial.
25. VSAT
Very
small Aperture Terminal (VSAT) adala stasiun pemancar yang digunakan untuk
komunikasi via satelit berupa data, suara dan sinyal video. VSAT terdiri dari
dua bagian, yaitu transceiver yang berada di luar ruangan dan harus berada pada
garis lurus denga satelit yang dituju, serta perangkat yang menggunakan
komunikasi VSAT seperti kkomputer atau mesin ATM.
26. Band Width
Bandwidth atau
sering disebut juga throughput (cmiiw) adalah lebar “width” dari sebuah
frequency band. Bandwidth dari sebuah jaringan ditentukan dari jumlah bit
yang dapat di transmisikan melalui jaringan/network dalam periode waktu
tertentu. Misalnya sebuah jaringan memiliki bandwidth sebesar 10 Mbps, hal ini
berarti bahwa jaringan tersebut mampu untuk mengirimkan 10 juta bit tiap
detiknya.
27. Back Bone
Backbone adalah saluran atau koneksi
berkecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan. Network
backbone adalah network yang menghubungkan beberapa jaringan dengan
berkecepatan rendah melalui gateway.
Keuntungan yang dapat
diperoleh dari sistem interkoneksi dengan jaringan backbone ini adalah :
• Jaringan backbone mempunyai kecepatan transfer data mencapai 100 Mbps sehingga dapat mengurangi terjadinya peristiwa bottleneck.
• Jaringan backbone biasanya akan menggunakan teknik dual ring sehingga memiliki fault tolerance yang sangat tinggi.
• Jaringan backbone dapat mendukung lalu lintas data, suara dan gambar.
• Lingkup jaringan dapat mencapai 100 km.
• Jaringan backbone mempunyai kecepatan transfer data mencapai 100 Mbps sehingga dapat mengurangi terjadinya peristiwa bottleneck.
• Jaringan backbone biasanya akan menggunakan teknik dual ring sehingga memiliki fault tolerance yang sangat tinggi.
• Jaringan backbone dapat mendukung lalu lintas data, suara dan gambar.
• Lingkup jaringan dapat mencapai 100 km.
28. ISP
Internet Service Provider (ISP) atau Penyelenggara
Jasa Internet (PJI) adalah sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang
menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan,
perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain.
Fungsi ISP
- Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
- Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
- Menyediakan modem untuk dial-up.
- Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
- Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
- Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
- Memberi tempat untuk homepage.
- ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.
29. Browser
Pengertian browser dalam dunia internet adalah software atau alat yang digunakan untuk
menjelajah internet. Pengertian browser tersebut sejalan dengan istilah
“browse” dalam bahasa inggris yang artinya melihat-lihat atau membaca-baca.
Arti browser oleh beberapa kalangan disamakan pula sebagai “perambah”.
Beberapa
browser cukup terkenal antara lain:
1. Mozilla Firefox
2. Google Chrome
3. Microsoft Internet Explorer
4. Opera
5. Safari dll
1. Mozilla Firefox
2. Google Chrome
3. Microsoft Internet Explorer
4. Opera
5. Safari dll
30. HTML
HTML
(Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa
markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan
menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari
sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan
percetakan yang disebut dengan SGML (Standard
Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang
digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan
standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World
Wide Web Consortium (W3C).
Secara
garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML:
- structural.
tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah teks (contoh,
<h1>Golf</h1>
akan memerintahkan browser untuk menampilkan “Golf” sebagai teks tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1 - presentational.
tanda yang menentukan tampilan dari sebuah teks tidak peduli dengan level
dari teks tersebut (contoh,
<b>boldface</b>
akan menampilkan bold. Tanda presentational saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak direkomendasikan untuk mengatur tampilan teks, - hypertext.
tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau
pranala ke dokumen lain (contoh,
<a href="http://www.ilmukita.com/">IlmuKita</a>
akan menampilkan IlmuKita sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu), - Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol (<button>), list (<li>), dan garis horizontal (<hr>).
0 komentar :
Posting Komentar