Bahasa Indonesia--Unsur Intrinsik Novel Terjemahan dan Novel Indonesia

Rabu, 07 Oktober 2015

Bahasa Indonesia--Unsur Intrinsik Novel Terjemahan dan Novel Indonesia


Unsur Intrinsik Novel Terjemahan dan Novel Indonesia


Sinopsis Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
Setelah marah dengan Bibi Marge dan secara tidak sengaja menyebabkan dia mengembang secara ajaib, Harry Potter melarikan diri dari keluarga Dursley. Harry mengambil Bus Ksatria ke The Leaky Cauldron, di mana ia bertemu Cornelius Fudge, Menteri Sihir. Fudge memberi tahu Harry bahwa Bibi Marge telah dikempiskan dan bahwa ia tidak akan dihukum. Kementerian Sihir hanya peduli tentang keselamatan Harry karena melarikan diri dari pembunuh-massa Sirius Black dari penjara sihir Azkaban. Black adalah teman baik dari keluarga dan wali Harry Potter, tapi mengkhianati keluarga kepada Lord Voldemort yang jahat. Voldemort membunuh orangtua Harry, tetapi, ketika ia mencoba untuk membunuh Harry, misterius menghilang. Setelah itu, Black membunuh teman mereka Peter Pettigrew.
Harry, Ron dan Hermione kembali ke Hogwarts dan menemukan keamanan telah diperketat karena Black melarikan diri. Sekolah sekarang dijaga oleh Dementor, makhluk jahat yang "mengeringkan kebahagiaan orang terdekat" dan penjaga penjara Azkaban. Mereka juga menyebabkan Harry pingsan. Remus Lupin, guru baru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam memberitahu Harry dia lebih rentan terhadap dementor karena dia telah melihat kengerian yang tulus di masa lalunya. Lupin setuju untuk mengajari Harry Mantra Patronus, sebuah perisai melawan Dementor.
Harry tertekan karena ia tidak akan diizinkan untuk mengunjungi Hogsmeade, desa setempat kebanyakan siswa diperbolehkan untuk mengunjungi di akhir pekan. Ia juga marah dengan Draco Malfoy karena menghancurkan pelajaran pertama Hagrid sebagai guru Pemeliharaan Satwa Gaib. Malfoy sengaja membiarkan dirinya diserang oleh Buckbeak, hippogriff kesayangan Hagrid, dan ayahnya memastikan bahwa Buckbeak dijatuhi hukuman mati. Sepanjang tahun, Hermione menggunakan Pembalik Waktu untuk bepergian dalam waktu dan menghadiri kelas-kelas yang diadakan pada saat yang sama. Black berhasil masuk ke Hogwarts dua kali, tetapi tidak dapat menemui Harry. Fred dan George Weasley menunjukkan jalan rahasia ke Hogsmeade dan memberinya Peta Perampok kepada Harry.
Selama satu kunjungan ke desa Hogsmeade, Harry hampir tertangkap saat Ron menemukan bahwa Scabbers, tikus Ron, telah menghilang. Ron yakin ia telah dimakan oleh Crookshanks, kucing Hermione, yang menyebabkan perselisihan antara dirinya dan Hermione. Hermione kemudian menemukan Scabbers di gubuk Hagrid ketika mereka bertiga mengunjunginya sebelum eksekusi Buckbeak. Dalam perjalanan mereka kembali dari pondok, tiba-tiba Ron diserang oleh anjing hitam besar dan diseret ke dalam lorong di bawah pohon ajaib, Dedalu Perkasa.
Harry dan Hermione mengikuti mereka dan naik keatas gubuk dikenal sebagai Shrieking Shack. Mereka juga menemukan bahwa anjing merupakan animagus Sirius Black. Harry mencoba untuk menyerang Black ketika Lupin tiba. Lupin mengakui menjadi manusia serigala ketika diancam Hermione. Lupin menjelaskan bahwa dia, Black, Pettigrew, dan James Potter, ayah Harry, adalah teman baik dan menyebut diri mereka sebagai "Marauders". Untuk membuat transformasi Lupin lebih menyenangkan, teman-temannya semua menjadi animagi, manusia yang bisa berubah menjadi binatang. Para Marauders tetap berteman setelah tumbuh dewasa, dan ketika mereka menentang Voldemort yang mengejar Potter, Black menjadi Penjaga Rahasia mereka. Namun, Black kemudian mengungkapkan bahwa dia diam-diam beralih tugas dengan Pettigrew untuk melayani sebagai umpan. Black menyadari Pettigrew adalah pengkhianat dan, daripada dibunuh oleh Black, Pettigrew menjadi Scabbers.
Lupin dan Sirius berupaya untuk mengungkapkan diri Pettigrew, dan Pettigrew mengubah dari Scabbers dan kembali ke bentuk manusia. Dia mengakui bahwa ia mengkhianati orangtua Harry, tetapi Harry menghentikan Black dan Lupin menyerangnya. Sebaliknya, Harry membujuk mereka untuk mengambil Pettigrew kembali ke kastil Hogwarts untuk membersihkan nama Sirius. Namun, ketika mereka dan mereka kembali ke kastil, bulan purnama muncul dan Lupin bertransformasi menjadi manusia serigala. Pettigrew lolos sementara para Dementor datang dan menyerang Harry dan Sirius. Mereka selamat di menit terakhir oleh Patronus yang Harry percaya itu dilakukan oleh ayahnya.
Harry terbangun di dalam kastil dan mengetahui bahwa Black telah ditangkap. Untuk menyelamatkannya, Harry dan Hermione menggunakan Pembalik Waktu untuk perjalanan kembali ke waktu lampau dan mencegah penangkapannya. Harry dan Hermione menyelamatkan Buckbeak dan kembali melihat adegan malam, sampai mereka melihat Dementor menyerang Harry dan Sirius. Harry bertekad untuk melihat siapa yang mengirimkan Patronus, hanya untuk menyadari bahwa itu adalah dirinya sendiri. Harry menyelamatkan Sirius dan melarikan diri dengan Buckbeak. Lupin, yang diketahui sebagai manusia serigala, mengundurkan diri. Harry khawatir bahwa Pettigrew dapat membantu Voldemort untuk kembali, tapi Dumbledore mengatakan mungkin Harry harus bersyukur bahwa ia telah membantu menyelamatkan nyawa Pettigrew.

Sinopsis Laskar Pelangi
Diawali saat SD Muhammadiyah, sekolah kampung di Belitong dengan fasilitas yang sangat terbatas bahkan minus, membuka pendaftaran untuk murid baru kelas satu. Hingga saat saat terakhir pendaftaran hanya 9 orang anak yang mendaftar dan siap masuk kelas di hari pertama.
Jika tak ada Harun, seorang anak berusia 15 tahun dengan keterbelakangan mental, yang disekolahkan oleh ibunya agar tidak cuma mengejar anak ayam di rumah, tentu tidak pernah terjadi kisah ini. Ikal tidak akan pernah bertemu, berteman satu kelas dengan Lintang, Mahar, Syahdan, A Kiong, Kucai, Borek alias Samson, Sahara, Trapani, dan Harun. Tidak akan pernah bertemu Bu Muslimah, guru penuh kasih namun penuh komitmen untuk mencerdaskan anak didiknya. Selanjutnya dikisahkan ragam kejadian yang penuh suka dan duka dari kesepuluh anak anggota Laskar Pelangi. Nantinya di tengah cerita Laskar Pelangi mendapat anggota kesebelas, anggota wanita kedua, Flo.
Dan bagian pertama ini ditutup dengan kesedihan mendalam yang sangat mengharukan saat Laskar Pelangi harus merelakan perginya seorang teman yang kurang beruntung Bagian pertama itu mengambil rentang waktu dari hari pertama Laskar Pelangi masuk kelas satu Sekolah Dasar Muhammadiyah hingga empat bulan menjelang Ebtanas SMP di gedung sekolah yang sama dengan orang-orang yang sama .
Pada bagian kedua, kisah ini melompat dua belas tahun kemudian saat Laskar Pelangi telah menjadi sosok sosok dewasa yang harus berjuang menggapai peruntungannya dalam kehidupan nyata. Masing masing menjalani suratan hidupnya yang sudah ditetapkan. Ada yang berjalan sesuai citacita nya, ada yang tidak terduga lompatannya, ada juga yang menyerah pada nasib yang sudah tergambar jelas sejak dahulu.
Dan akhirnya pun mereka semua dengan perjuangan yang keras dan gigih dapat mendapatkan apa yang mereka cita-citakan.

Cerita dari sebuah daerah di Belitung, yakni di SD Muhammadiyah. Saat itu menjadi saat yang menegangkan bagi anak-anak yang ingin bersekolah di SD Muhammadiyah. Kesembilan murid yakni, Ikal, Lintang, Sahara, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani tengah gelisah lantaran SD Muhammadiyah akan ditutup jika murid yang bersekolah tidak genap menjadi 10. Mereka semua sangat cemas. SD Muhammadiyah adalah SD islam tertua di Belitung, sehingga jika ditutup juga akan kasihan pada keluarga tidak mampu yang ingin menyekolahkan anak-anak mereka. Di sinilah anak-anak yang kurang beruntung dari segi materi ini berada.
Saat semua tengah gelisah datanglah Harun, seorang yang keterbelakangan mental. Ia menyelamatkan ke sembilan temannya yang ingin bersekolah serta menyelmatkan berdirinya SD Muhammadiyah tersebut. Dari sanalah dimulai cerita mereka. Mulai dari penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka yang luar biasa di mana A Kiong yang malah cengar-cengir ketika ditanyakan namanya oleh guru mereka, Bu Mus. Kejadian bodoh yang dilakukan oleh Borek, pemilihan ketua kelas yang diprotes keras oleh Kucai, kejadian ditemukannya bakat luar biasa Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, sampai pertaruhan nyawa Lintang yang mengayuh sepeda 80 km pulang pergi dari rumahnya ke sekolah.
Semua kejadian tersebut sangat menghiasi kehidupan kesepuluh anak yang mengatasnamakan diri mereka sebagai Laskar Pelangi. Bu Mus yang meupakan guru terbaik yang mereka milikilah yang telah memberikan nama tersebut untuk mereka. Karena bu Mus tahu mereka semua sangat menyukai pelangi. Saat susah maupun senang mereka lalui dalam kelas yang menurut cerita pada malam harinya kelas tersebut sebagai kandang bagi hewan ternak. Di SD Muhammadiyah itulah Ikal dan kawan-kawannya memiliki segudang kenangan yang menarik.
Seperti saat kisah percintaan antara Ikal dan A Ling. Awalnya Ikal disuruholeh Bu Mus untuk membeli kapur di tokoh milik keluarga A Ling. Ia jatuh cinta pada kuku A Ling yang indah. Ia tidak pernah menjumpai kuku seindah itu. Kemudian ia tahu bahwa pemilik kuku yang indah tersebut adalah A Ling, Ikal pun jatuh cinta padanya.  Namun, pertemuan mereka harus di akhiri lantaran A Ling pindah untuk menemani bibinya yang sendiri.
Kejadian tentang Mahar yang akhirnya mnemukan ide untuk perlombaan semacam karnaval. Mahar menemukan sebuah ide untuk menari dalam acara tersebut. Mereka para laskar pelangi menari sperti orang kesetanan, hal tersebut dikarenakan kalung yang mereka kenakan dari buah yang langkah dan hanya ada di Balitong, merupakan tanaman yang membuat seluruh badan gatal. Alhasil mereka pun menari layaknya orang yang tengah kesurupan. Namun berkat semua itu akhirnya SD Muhammadiyah dapat memenagkan perlombaan tersebut.
Namun, pada uatu ketika datanglah Flo, seorang anak yang kaya pindahan ari SD PN, ia masuk dalam kehidupan laskar pelangi. Sejak kedatangan Flo di SD Muhammadiyah tersebut yang membawa pengaruh buruk bagi teman-temannya terutama Mahar, yang duduk satu bangku dengan Flo. Sejak kedatangan anak tersebut nilai Mahar seringkali jatuh dan jelek sehingga membuat bu Mus marah dan kecewa.
Hari-hari mereka selalu dihiasi dengan canda dan tawa maupun tangis. Namun di balik semua kecerian mereka, ada seorang murid yang benama Lintang yakni anggota laskar pelangi yang perjuangannnya terhadap pendidikan perlu di acungi jempol. Ia rela menempuh jarak 80 km untuk pulang dan pergi dari rumahnya ke sekolah hanya untuk agar ia bisa belajar. Ia tidak pernah mengeluh meski saat perjalanan menuju sekolahnya ia harus melewati sebuah danau yang terdapat buaya di dalamnya. Lintang merupakan murid yang sangat cerdas. Terbukti saat ia, Ikal, dan juga Sahara tengah berada pada sebuah perlombaan cerdas cermat. Ikal dapat menantang dan mengalahkan Drs. Zulfikar, guru sekolah kaya PN yang berijazah dan terkenal,  dengan jawabannya yang membuat ia memenangkan lomba cerdas cermat.
Namun sayang, semua kisah indah laskar pelangi harus diakhiri dengan perpisahan seorang Lintang yang sangat jenius tersebut. Lintangdan awan-kawan membuktikan bahwa bukan karena fasilitas yang menunjang yang akhirnya dapat membuat seseorang sukses maupun pintar, namun kemauan dan kerja keraslah yang dapat mengabulkan setiap impian. Beberapa hari kemudian, setelah perlombaan tersebut Lintang tidak masuk sekolah dan akhirnya mereka kawan-kawan Lintang dan juga bu Mus mendapatkan surat dari Lintang yang isinya, Lintang tidak dapat melnjutkan sekolahnya kembali karena ayahnya meninggal dunia. Tentu saja hal tersebut menjadi sebuah kesedihan yang mendalam bagi anggota laskar pelangi.
Beberapa tahun kemudian, saat mereka telah beranjak dewasa, mereka semua banyak mendapat pengalaman yang berharga dari setiap cerita di SD Muhammadiyah. Tentang sebuah persahabatan, ketulusan yang diperlihatkan dan diajarkan oleh bu Muslimah, serta sebuah mimpi yang harus mereka wujudkan. Ikal akhirnya bersekolah di Paris, sedangkan Mahar dan teman-teman lainnya menjadi seseorang yang dapat membanggakan Belitung.

a.       Tokoh dan Perwatakan
Novel Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
1.     Harry Potter : protagonis, loyal, pemberani, penolong, ramah dan mudah emosi. Bukti : ”Kuharap ia menemukanku.Karena saat itu. Aku akan siap!Saat ia temukan aku, aku akan membunuhnya!”
2.    Ron Weasley : protagonis, setia kawan, agak penakut, agak pesimis dan suka menuduh. Bukti : ”Kucingmu membunuh tikusku! Omong kosong!”
3.    Hermione Granger : protagonis, setia kawan, pemberani, penolong, dan rendah hati. Bukti : ”Kalau kau ingin membunuh Harry, kau harus membunuh kami juga,” ujar Hermonie. – “Kau memang paling cemerlang dibanding penyihir lain seusiamu.”
4.    Draco Malfoy : antagonis, sombong, ambisius, dan licik. Bukti : ”Kamu sama sekali tidak berbahaya kan, kau raksasa jelek.”
5.    Hagrid                   : protagonis dan bertanggung jawab. Bukti : ”Aku gurunya biar aku yang bawa.”
6.    Sirius Black    : protagonis dan sangat menyayangi Harry. Bukti : Dia sempat mengajak Harry untuk tinggal bersamnya.
7.    Remus Lupin : protagonis dan sabar. Bukti : ”Aku pernah terlihat lebih buruk lagi, percayalah.”
8.    Peter Pettigrew : antagonis dan pengkhianat. Bukti : ”Kau telah menjual James dan Lily pada Voldemort!” ujar Sirius. ”Aku tidak bermaksud melakukan itu! Pangeran Kegelapan. Kau tak bisa membayangkan kekuatan yang dimilikinya!” kata Pattigrew.
9.    Albus Dumbledore : protagonis, pemaaf dan bijaksana. Bukti : ”Amanakan istana, Tn Filch. Yang lainya pergi ke gedung pertemuan utama.”
10.  Severus Snape : pemarah, tegas, pilih kasih dan sinis. Bukti : ”Itukan bukan urusanmu Tn. Potter.”

Novel Laskar Pelangi
1.     Aku sebagai Ikal : pintar, tidak mudah putus asa, setia kawan dan tegar.
2.    Taprani : manja, cerdas dan rupawan. Bukti : ”Sekali lagi kulihat wajah mereka, Harun yang mudah senyum, Trapani  yang rupawan, Syahdan yang liliput, Kucai yang sok gengsi, Sahara yang ketus, A Kiong yang polos dan pria kedelapan yaitu Samson yang duduk seperti patung ganesha.”
3.    Sahara : temperamental, ketus, skeptis, susah diyakinkan dan tidak mudah terkesan. Sahara Sangat menjujung tinggi nilai kejujuran. Ia paling tidak suka berbohong.
4.    A Kiong : baik, agnostik, dan sedikit aneh. Bukti : A Kiong malah semakin senang. Ia masih sama sekali tak menjawab. ia tersenyum lebar, matanya yang sipit menghilang. A Kiong sempat menjalani hidup sebagai seorang agnostik, yaitu orang yang percaya kepada tuhan tapi tidak memeluk agama apapun.
5.    Pak K.A. Harpan Noor : baik hati, ramah, dan sabar. Bukti : Kemudian dalam waktu yang amat singkat beliau telah merebut hati kami.
6.    Erin    : cerdas, agamais, baik hati. Bukti : ”Ia cerdas, agamais, cantik, dan baik hati.”
7.    Ibu N.A. Muslimah Hafsari : sabar, baik hati dan penyayang. Bukti : ”Shalatlah tepat waktu, biar dapat pahala lebih banyak,” demikian Bu Mus selalu menasihati kami.
8.    Lintang : pantang menyerah dan cerdas. Bukti : ”Yang lebih menakjubkan adalah  semua pengetahuan itu ia pelajari sendiri dengan membaca bermacam buku milik kepala sekolah kami jika ia mendapat giliran tugas menyapu di ruangan beliau.”
9.    Mahar : kreatif, imajinatif dan cerdas. Bukti : ”Dia memang seorang eksentrik yang berdiri di area abu-abu antara imajinasi dan kenyataan, tapi tak diragukan bahwa ia cerdas, pemikirannya terstruktur dengan baik, dengan pengetahuan dunia gaibnya yang amat luas.”
10.  Kucai : lemot, susah diatur, banyak bicara, optimis, berjiwa pemimpin. Bukti :
11.   Sahara : temperamental, ketus, skeptis, susah diyakinkan dan tidak mudah terkesan. Sahara Sangat menjujung tinggi nilai kejujuran. Ia paling tidak suka berbohong. Bukti :
12.  Flo : menyenangkan, pandai beradaptasi, cantik, rendah hati. Bukti : ”Ternyata Flo adalah pribadi yang sangat menyenangkan, ia memiliki kemampuan beradabtasi yang luar biasa. Ia cantik dan sangat rendah  hati, sehingga kami betah di dekatnya.”
13.  Harun : baik tetapi agak keterbelakangan mental. Bukti : ”Pria itu adalah Harun pria jenaka sahabat kami semua, yang  sudah berusia 15 tahun dan agak terbelakang mentalnya.”
14.  Borek : nakal dan susah diatur. Bukti : ”Kucai didudukkan berdua bukan karena mirip tapi karena sama sama susah diatur.”
15.  A Ling : baik.

b.       Alur Novel
1)    Alur yang digunakan dalam kedua kutipan novel tersebut adalah sebagai berikut :
-       Alur yang digunakan pada novel Harry Potter and the Prisoner of Azkaban adalah campuran. Alasan : karena di awal cerita ini dinyatakan sebagai alur maju tetapi di tengah ada cerita yang kembali ke masa lalu.
-       Alur yang digunakan pada novel Laskar Pelangi adalah maju. Alasan : karena dari bagian awal sampai bagian akhir novel dikisahkan dengan alur maju.

c.        Sudut Pandang
Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
Sudut pandang                  : diaan atau orang ketiga. Di dalam novel ini penulis menyebutkan nama-nama tokoh di atas, dan sebagai orang yang serba tahu.
Bagian yang membuktikan : HARRY POTTER adalah anak yang sangat istimewa dalam banyak hal. Misalnya saja, dia paling benci liburan musim panas dibanding waktu-waktu lainnya.
Laskar Pelangi
Sudut pandang                  : akuan atau orang pertama pelaku utama.
Bagian yang membuktikan : Aku hanya sendirian. Jika ada orang lain aku berani lebih frontal.

d.       Setting (Latar) Novel
(1)   Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
     Setting Waktu        : 1. Pagi. Bukti : Sudah pukul satu pagi. Harry tersentak. Tanpa disadarinya, dia telah berusia tiga belas tahun, selama satu jam penuh.
 2. Siang. Bukti : "Jangan menyalahkan dirimu kenapa anak ini jadi begini, Vernon," katanya sewaktu makan siang pada hari ketiga.
 3. Malam. Bukti : Akhirnya, setelah lama ditunggu, tibalah malam terakhir Bibi Marge di rumah itu. Bibi Petunia me-masak makan malam yang "wah" dan Paman Vernon membuka beberapa botol anggur. Mereka menikmati sup dan ikan salem tanpa satu kali pun menyebut kesalahan Harry.
     Setting Tempat      : 1. Rumah Privet Drive no.4 milik Keluarga Dursley.
2.    Magnolia Crescent.
3.    Kereta Api Hogwarts Express.
4.    Desa Hogsmeade.
5.    Kawasan pondok Hagrid.
6.    Lubang Dedalu Perkasa.
7.    Knockturn Alley.
8.    Hutan terlarang.

     Setting Suasana      : 1. Menegangkan. (Saat Harry Potter marah pada Reamus Lupin dan Sirius Black di dalam lubang dedalu raksasa dan menodongkan tongkat sihirnya.)
2. Menyenangkan
3. Menyedihkan
  4. Menakutkan. (Pada saat Harry Potter diserbu oleh sekawanan Dementor di tepi danau.)
(2)   Laskar Pelangi
     Setting Waktu        : 1. Pagi
2. Siang
3.
     Setting Tempat      : - SD Muhammadiyah yang terletak di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitong Timur, Sumatera Selatan.
  - di rumah, pohon, gua, tepi pantai, pasar.
     Setting Suasana      : - Suasana Sedih. (Saat Ikal, teman-temannya dan Bu Muslimah berpisah dari Lintang yang memutuskan berhenti sekolah karena harus mengurusi keluarga yang ditinggal mati ayahnya.)
  - Suasana Senang. (Saat tim cerdas cermat SD Muhammadiyah berhasil memenangkan pertandingan.)
  - Suasana Cemas. (Saat Pak Harfan, Bu Muslimah dan calon murid SD Muhammadiyah beserta orang tuanya menunggu untuk menggenapkan calon siswa yang mendaftar agar sekolah tidak ditutup.)

e.       Tema dan Amanat Novel
(1)   Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
     Tema                   : petualangan, persahabatan, dan misteri yang didominasi keberanian.
     Amanat       : janganlah hanya melihat kejadian dari satu sisi.
(2)   Laskar Pelangi
     Tema                   : pendidikan yang diselingi kisah persahabatan dan ekonomi.
     Amanat       : jangan mudah putus asa, bersabarlah dalam menghadapi cobaan, dan terus bersemangat mengejar cita-cita. Jangan pantang menyerah.

f.        Gaya Bahasa
(1)   Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
     Majas Hiperbola
"BERANI-BERANINYA KAU MEMBERIKAN NOMOR INI KE ORANG-ORANG...
ORANG-ORANG SEPERTI KAU!" Paman Vernon meraung, menyembur Harry dengan ludahnya.



     Majas personifikasi
Terjadinya ketika mobil yang di-terbangkan mereka berdua ke Hogwarts menabrak pohon di halaman sekolah.

     Sarkasme
"Kau tidak memberitahu kami si maniak itu kabur dari mana! Apa gunanya? Orang gila itu bisa muncul dari jalanan saat ini juga!" teriak paman Vernon.

     Sinisme
"Tak perlu menjelaskan kepada kita dia orang tak berguna," dengus Paman Vernon,


(2)   Laskar Pelangi
     Gaya bahasa campuran, karena penulis masih memakai bahasa-bahasa asing (memakai kata serapan). Bukti : ”Papilio blumei, kupu-kupu tropis yang menawan berwarna hitam bergaris biru-biru itu mengunjungi pucuk ficilium.” Selain itu juga terdapat majas-majas sebagai berikut.
     Majas Hiperbola.
Kami menari seperti dirasuki roh Lucifer si raja hantu. Namun tak lama kemudian antara tidur dan terjaga aku mendengar suara gemericik air seperti jutaan semut berdatangan.”
     Majas pras protato
Saya belum melihat batang hidungnya”, Borek bertingkah.
     Majas Satire
Ampun! Soal mudah kayak gini, kau tak bisa mengerjakannya!”, Bu Mus menyindir. Ibunda guru harus tahu anak-anak ini kelakuannya seperti setan.
     Majas Enumarasio
Laut tenang. Di atas permadani biru itu tanpak satu-satunya perahu nelayan meluncur perlahan-lahan. Angin berhempus sepoi-sepoi. Bulan bersinar dengan terangnya. Disana-sini bintang-bintang gemerlapan. Semuanya berpadu membentuk suatu lukisan yang haromonis, itulah keindahan sejati.
     Majas Personifikasi
Buah dari pendidikan akhlak dan kecintaan intelektual.
     Simploke
”Kau bilang aku ini egois, aku bilang terserah aku. Kau bilang aku ini judes, aku bilang terserah aku,” Borek sinis.

Unsur Ekstrinsik Novel Terjemahan dan Novel Indonesia
a)  Nilai-nilai yang Terkandung
1.   Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
     Nilai persahabatan : Persahabatan antara Harry Potter, Hermione dan Ron Weasly sangatlah erat. Mereka saling membantu satu sama lain ketika sedang dalam kesulitan.
     Nilai keberanian    : Harry Potter dan Hermione berani kembali ke masa lalu untuk menyelamatkan lebih dari satu nyawa.
     Nilai sosial            : Harry Potter tetap mempercayai dan menyayangi Sirius Black walaupun Sirius Black telah difitnah hingga ia dipenjara di Azkaban.
2.  Laskar Pelangi
     Nilai pendidikan    : Ikal dan kawan-kawannya tetap semangat belajar walaupun dengan fasilitas yang terbatas. Bahkan mereka tetap bisa berprestasi.
     Nilai sosial            : Flo yang diceritakan sebagai seorang siswi yang cantik dan cukup kaya ini tetap mau bergaul dengan Ikal yang notabenenya orang pinggiran dan tidak setara dengan Flo.
b)  Latar belakang pengarang
1.   Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
Latar belakang J.K Rowling :
Joanne Kathleen Rowling atau yang dikenal dengan J.K Rowling dilahirkan di Chipping Sodbury, Gloucestershine, England pada tanggal 31 Juli 1965. Rowling mulai menulis cerita sejak berusia 5 tahun. Karya pertamanya berjudul Rabbit. Bersama orang tua dan adiknya, Rowling pindah rumah ke daerah Winterbourne. Ditempat itu ia mempunyai tetangga yang bernama Potter. Saat Rowling berusia 9 tahun, ia dan keluarganya pindah lagi ke Tutshill. Di Tutshill, Rowling mulai bersekolah di sebuah sekolah dasar dan berlanjut ke Wyedean Comprehensive. Setelah lulus Rowling melanjutkan ke Exeter University. Di Exeter ini Rowling belajar bahasa perancis. Pada tahun 1990 Rowling lulus dari Exeter University. Saat berumur 26 tahun ia pindah ke Portugal menjadi guru bahasa Inggris.
Rowling menikah dengan Jorge Arantes seorang wartawan yang berasal dari Portugis. Pada tahun 1993 anaknya yang bernama Jessica lahir. Namun tidak lama setelah anaknya lahir, Rowling bercerai dengan suaminya dan pindah ke Edinburg. Dalam perjalanannya dari Manchester ke London dengan Kereta api pada tahun 1990, Rowling mendapat ide cerita Harry Potter.
Pada tahun 1997 Harry Potter and The Philosopher’s Stone sukses besar di Inggris. Edisi pertamanya di Amerika pada tahun 1998 diterbitkan oleh Arthur A. Levine Book yang kemudian berganti judul menjadi Harry Potter and The Sorcerer’s Stone. Harry Potter menjadi buku yang paling banyak dicetak di Amerika. Buku yang bercerita tentang kehidupan Harry Potter sebagai seorang penyihir cilik serta kehidupan di sekolah sihir Hogwarts ini jumlah cetakannya mencapai 80 juta buku dan menjadi topik utama di surat kabar Amerika, seperti The New York Times, USA Today dan Wall Street Journal. Pada tahun 1997 Harry Potter and The Philosopher’s Stone mendapatkan penghargaan The British Book Awards sebagai Children Book of The Year dan The Smarties Prize.
Kesuksesan buku pertamanya membuat Rowling bersemangat untuk melanjutkan seri ke-2 dari Harry Potter. Pada bulan Juli 1998 Harry Potter and The Chamber of Secret terbit di Inggris dan di bulan Juni 1999 terbit di Amerika. Buku ke-2 juga sukses dipasaran yang kemudian berlanjut seri ke-3 yang berjudul Harry Potter and The Prisoner of Azkaban yang terbit pada bulan Juli dan September 1999 di Inggris dan Amerika. Pada musim panas tahun 2000 sekitar $480 juta dalam 3 tahun diraih Rowling dengan jumlah 35 juta copy buku yang dicetak dalam 35 bahasa. Ketiga seri Harry Potter berhasil melambungkan nama J.K Rowling di Inggris dan Amerika sekaligus menjadikan ke-3 buku tersebut menjadi best seller.
Seri ke-4 Harry Potter terbit pada bulan Juli 2000 dengan judul Harry Potter and The Goblet of Fire. Cetakan pertama berjumlah 5,3 juta copy terjual 1,8 juta. Berikutnya terbit seri ke-5 yang berjudul Harry Potter and The Order of The Phoenix pada bulan Juni 2003 dan seri ke-6 yang berjudul Harry Potter and The Half Blood Prince berjual 6,9 juta copy di Amerika dalam 24 jam saat penjualan hari pertamanya.
Sebelum terbit pada bulan Juli 2007 seri ke-7 dan merupakan seri terakhir dari Harry Potter yang berjudul Harry Potter and The Deathly Hallow telah banyak dipesan penggemarnya melalui toko buku Barnes & Nobles and Border’s serta melalui website amazon.com. Rowling saat ini menjadi wanita terkaya ke-13 di Inggris.
Film pertama Harry Potter and The Sorcerer’s Stone disutradarai oleh Chris Columbus pada bulan November 2001 berhasil meraup keuntungan $93,5 juta dan menjadi rekor box office mengalahkan film sebelumnya, yaitu The Lost World: Jurassic Park pada tahun 1999 yang mendapat keuntungan $20 juta. Film ke-2 dan 3 dirilis pada bulan November 2002 dan Juni 2004 juga berhasil memecahkan rekor box office. Harry Potter and The Goblet of Fire yang disurtadarai Mike Newell rilis pada tahun 2005. film ke-5 yang berjudul Harry Potter and The Order of The Phoenix rilis bulan Juli 2007 yang menempatkan Michael Goldenberg sebagai penulis skenario menggantikan Steve Kloves yang telah menulis skenario untuk ke-4 film seri sebelumnya.
Pada tanggal 26 Desember 2001 J.K Rowling menikah lagi dengan seorang dokter anasthetis yang bernama Dr. Neil Murray dan tinggal di Scotland. Pada tahun 2003 anak ke-2 Rowling lahir dan diberi nama David. Pada tahun 2005 lahir anak ke-3 yang bernama Mackenzie.

2.  Laskar Pelangi
Latar belakang Andrea Hirata :
Andrea Hirata Seman Said Harun (lahir di Belitung, 24 Oktober 1967; umur 46 tahun) adalah novelis yang telah merevolusi sastra Indonesia. Ia berasal dari Pulau Belitung, provinsi Bangka Belitung. Novel pertamanya adalah novel Laskar Pelangi, novel sastra yang paling laris di Indonesia dari tahun 2006 sampai sekarang. Novel Laskar Pelangi merupakan novel yang diadaptasi menjadi berbagai bentuk seni lainnya, seperti film, lagu-lagu, dan drama musikal.
Andrea Hirata menghasilkan tetralogi novel, yaitu :
-       Laskar Pelangi
-       Sang Pemimpi
-       Edensor
-       Maryamah Karpov
Selain Tetralogi laskar pelangi, Andrea juga menghasilkan karya lain, yaitu Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas yang terbit tahun 2010. Sebelas Patriot (2011), Laskar Pelangi Song Book (2012).
Meskipun studi mayor yang diambil Andrea adalah ekonomi, ia amat menggemari sains--fisika, kimia, biologi, astronomi dan sastra. Andrea lebih mengidentikkan dirinya sebagai seorang akademisi dan backpacker. Sedang mengejar mimpinya yang lain untuk tinggal di Kye Gompa, desa di Himalaya.
Andrea mendapat beasiswa program master di Sheffield Hallam University, United Kingdom. Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari universitas tersebut dan ia lulus cum laude. Tesis itu telah diadaptasikan ke dalam Bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar sebagai referensi Ilmiah.
Andrea Hirata telah menerbitkan delapan karya yaitu Laskar Pelangi (2005), Sang Pemimpi (2006), Edensor (2007), Maryamah Karpov (2008), Padang Bulan (2009), Cinta di Dalam Gelas (2009), Sebelas Patriot (2010), dan Laskar Pelangi Song Book (2012). Laskar Pelangi Song Book berisi kisah-kisah dari Negeri Laskar Pelangi (Belitong) dan lagu-lagu karya Andrea Hirata yang dibawakan oleh Meda dan Cut Niken.

c)  Situasi Sosial ketika novel diciptakan
1.   Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
Masyarakat sangat antusias ketika menyambut rilisnya novel Harry Potter and the Prisoner of Azkaban yang merupakan lanjutan dari Harry Potter and The Chamber of Secret ini. Mereka menantikan bagaimana kelanjutan kisah diri Harry Potter dan kawan-kawannya
2.  Laskar Pelangi

Masyarakat menyambut novel Andrea Hirata ini dengan antusias. Kisah nyata dari Andrea Hirata yang menarik serta manggugah para kaula muda untuk semangat belajar menjadi daya tarik tersendiri. Terutama ketika novel ini akan difilmkan para penggemar novel ini menjadi lebih antusias. 

0 komentar :

Posting Komentar